16 Mahasiswa NGU Jepang Siap Menimba Ilmu di Umuslim

0
26

RR, BIREUEN—Program pertukaran mahasiswa antara Universitas Almuslim (Umuslim) Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh, dengan Nagoya Gakuin University (NGU) Jepang terus berlanjut. Kerjasama yang dijalin sejak 2016 itu sudah memasuki angkatan ketiga tahun ini.

Rektor Umuslim saat menyambut kedatangan 16 mahasiswa asal Jepang.

Rektor Umuslim Dr H Amiruddin Idris SE MSi mengatakan kali ini NGU mengirimkan 16 mahasiwa ke Umuslim. Dijelaskannya, kehadiran mahasiswa tersebut merupakan tindak lanjut perjanjian kerjasama dua universitas.

“Sebagian dari mereka akan mengikuti kursus intensif bahasa, budaya Indonesia dan Aceh. Nantinya sebagian dari mereka (mahasiswa NGU) menetap di sini dalam rangka mengikuti kuliah selama satu tahun, atau dua semester di Umuslim,” ungkap Amiruddin, Jumat (16/8/2018), saat menyambut kedatangan 16 mahasiswa dari NGU Jepang.

Rektor yang sukses mengantarkan Umuslim menjadi perguruan tinggi swasta terbaik di Aceh ini melanjutkan, mahasiswa Jepang yang akan mengikuti kuliah di Umuslim ini merupakan angkatan ketiga. “Mahasiswa angkatan pertama dan kedua, masing-masing dua orang telah menyelesaikan studinya. Dan semuanya sudah kembali ke Jepang,” jelas Rektor Umuslim.

Wakil Bupati Bireuen periode 2002-2007 ini juga menuturkan, memuliakan tamu adalah bagian dari adat serta budaya masyarakat Aceh sejak dahulu. “Bagi kami, tamu adalah bagian dari keluarga besar Umuslim. Demikian juga dengan pengertian, keluhan, kesulitan dan permasalahan tamu di sini, sebagai orang tua di sini kami akan mencari jalan keluarnya,” tandas Ketua ICMI Bireuen ini lagi.

Ia juga berharap, seluruh civitas akademika dapat membina dan membimbing mahasiswa dari Jepang seperti mahasiswa Umuslim. “Sehingga mereka dapat menempuh pendidikan dengan aman dan nyaman di sini,” harap Rektor Amiruddin.

Sebagai tambahan, 16 mahasiswa NGU Jepang, Sabtu (17/8/2019), mengikuti Upacara HUT RI ke-74 di Stadion Cot Gapu, Bireuen. Selanjutnya, mereka didampingi Direktur Hubungan Internasional Umuslim Drs Nurdin Abdulrahman dan Kabag Humas dan Kemahasiswaan Umuslim Zulkifl MKom menuju Meuligoe Bireuen.

Di Meuligoe Bireuen, mereka ikut makan siang bersama. Pada kesempatan itu, Nurdin Abdulrahman juga memaparkan sejarah singkat Bireuen kepada mahasiswa dari negara Sakura tersebut.

Para mahasiswa-mahasiswi NGU Jepang yang akan mengikuti kursus dan kuliah di Umuslim ini yaitu Kishi Airi, Tajiri Mei, Sasaki Miyuki, Ebuchi Naho, Ohba Aimi, Kato Chika, Chisaki Haruna, Matsushima Mayu, Horie Mio, Aono Tatsuya, Takahera Koga, Muraki Kosuke, Muramatsu Yuki, Morooka Daiki, Suzuki Ryoma, Ando Kazuma, serta Saeki Natsuko (dosen).[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here