2.039 Calon Mahasiswa Lulus di Unsyiah

0
42

RR, BANDA ACEH—Peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) tahun 2019 yang mendaftar di Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) mencapai 10.509 orang. Dari total peserta tersebut, 2.039 orang dinyatakan lulus dan diterima di kampus kebanggan masyarakat Aceh ini.

“Peserta SNMPTN yang diterimia di Unsyiah berjumlah 2.039 orang. Mereka terdiri dari 1.246 orang lulus di bidang Sain dan Teknologi (Saintek) serta 793 orang lulus di bidang Sosial dan Humaniora (Soshum). Mereka nantinya akan tersebar di 12 fakultas yang ada di Unsyiah,” papar Rektor Unsyiah Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng,  Jumat (22/3).

Menurut Prof Samsul, jumlah kelulusan ini meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya 1.704 orang. Bahkan, untuk tahun ini, Unsyiah masuk sepuluh besar perguruan tinggi yang menerima peserta SNMPTN terbanyak di Indonesia. “Ini menunjukkan jika Unsyiah memberikan kesempatan besar bagi calon mahasiswa untuk menempuh pendidikannya di kampus ini,” ujar Prof. Samsul.

Dijelaskannya, pengumuman hasil SNMPTN dapat dilihat melalui laman http://pengumuman.snmptn.ac.id dan sejak Jumat, 22 Maret, pukul 13.00 WIB. Dari jumlah peserta yang lulus SNMPTN tahun ini di Unsyiah, tercatat di antaranya sebanyak 1.063 peserta merupakan penerima beasiswa Bidikmisi. “Jumlah ini merupakan terbanyak ketiga dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Sedangkan di posisi pertama ditempati Universitas Negeri Padang sebanyak 1.390 peserta dan Universitas Haluoleo sebanyak 1.097 peserta,” ungkap Prof Samsul.

Selain itu, lanjut dia, program studi Farmasi Unsyiah juga masuk dalam 20 besar ranking keketatan prodi kelompok saintek di SNMPTN secara nasional. Pemeringkatan ini menunjukkan jika program studi di Unsyiah semakin diminati calon mahasiswa di Indonesia. “Ini suatu pengakuan bahwa Unsyiah semakin berpengaruh. Terlebih lagi, kita berhasil mengungguli beberapa universitas ternama di Indonesia,” sambung Rektor Unsyiah yang sudah menjabat dua priode ini.

Sementara itu, bagi calon mahasiswa yang dinyatakan lulus SNMPTN diharapkan untuk mengikuti  beberapa tahapan penting berupa verifikasi data akademik. Sedangkan jadwal verifikasi data akademik, para calon mahasiswa diminta untuk selalu memantau website www.unsyiah.ac.id dan media sosial Unsyiah.

Prof Samsul mengingatkan, bagi peserta yang tidak lulus jalur seleksi SNMPTN, masih dapat mengikuti tahap Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Tahapan pendaftaran SBMPTN dimulai dengan mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) melalui website https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id.

Pendaftaran gelombang pertama akan berakhir pada 24 Maret 2019 nanti. Sedangkan pendaftaran gelombang kedua dimulai pada 25 Maret hingga 1 April 2019. Segala informasi terkait UTBK dan SBMPTN dapat dilihat melalui website www.ltmpt.ac.id. Rektor berharap, kesempatan ini dapat digunakan secara maksimal oleh para calon mahasiswa.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here