40 Legislator Bireuen Disumpahkan

0
60
Prosesi pengambilan sumpah 40 anggota DPRK Bireuen.

RR, BIREUEN—Empat puluh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Bireuen diambil sumpah melalui Rapat Paripurna Istimewa DPRK Bireuen yang digelar di Ruang Sidang DPRK setempat, Jalan Laksamana Malahayati Kota Bireuen, Senin (2/9/2019).

Prosesi pengambilan sumpah Legislatif Bireuen periode 2019-2024 itu turut dihadiri Bupati Bireuen H Saifannur S Sos, Wakil Bupati Bireuen Dr H Muzakkar A Gani SH MSi, tokoh masyarakat dari unsur panitia pendiri kabupaten, mantan Bupati Bireuen seperti Drs H Hamdani Raden, Drs H Mustafa A Glanggang, Drs Tgk Nurdin Abdul Rahman, mantan Wakil Bupati Bireuen H Mukhtar Abda, unsur Forkopimda Bireuen, dan dari ulama setempat.

Rapat paripurna pengucapan sumpah anggota DPRK Bireuen masa jabatan 2019-2024 itu dipimpin oleh Pimpinan Sementara DPRK Bireuen, Rusyidi Mukhtar SSos.

Pria akrab disapa Ceulangik ini mengucapkan terima kasih kepada Ketua PN Bireuen yang telah memandu pengucapan sumpah anggota DPRK Bireuen hasil Pemilu 17 April 2019.

Seterusnya Ceulangik selaku politikus dari partai lokal (PA) juga mengucapkan terima kasih kepada pimpinan DPW Partai Aceh dan DPD-II Partai Golkar yang telah memberikan kepercayaan kepada kadernya itu masing-masing sebagai Ketua dan Wakil Ketua Sementara DPRK Bireuen.

Kedua partai itu (Partai Aceh  dan Partai Golkar), ujar Ceulangik, telah ditetapkan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Bireuen sebagai partai peroleh kursi terbanyak pertama dan sebagai perolehan kursi terbanyak kedua hasil Pemilu Tahun 2019.

Dalam rapat itu, Ceulangik juga menyinggung tentang tugas-tugas yang akan diembani anggota legislatif. Demi suksesnya tugas DPRK Bireuen masa lima tahun ke depan, politikus PA itu mengharapkan agar mendapat dukungan penuh dari semua elemen masyarakat.

“Tugas kami ke depan sudah menunggu, yaitu tugas yang berkaitan dengan harapan dan kebutuhan masyarakat. Tugas-tugas berat ini perlu dukungan dari seluruh masyarakat,” katanya.

Selain harapan adanya dukungan penuh dari masyarakat, Rusyidi Mukhtar juga berharap terjalin kerjasama yang baik di kalangan politisi yang tergabung dalam DPRK Bireuen.

“Kita ketahui, anggota DPRK Bireuen 2019-2024 ini berasal dari berbagai partai politik, akan tetapi kami yakin semua kita mempunyai satu tujuan yaitu menjembatani aspirasi masyarakat untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat. Kami mengajak dinamika atau perbedaan yang ada, hendaknya tidak menjadi kendala, namun menjadi kekuatan untuk menggerakkan semangat pengabdian kepada masyarakat Kabupaten Bireuen,” ujar legislator dari Dapil Bireuen II ini.

Adapun ke-40 Anggota DPRK Bireuen 2019-2024 yang mengucapkan sumpah pada paripurna itu, yakni:

Dapil Bireuen-I (Kota Juang–Kuala) masing-masing Usman (PKB), Muhammad Amin AR (Golkar), Yusriadi SH (PKS), Drs Abdullah Amin (PPP), Zulfikar SE (Demokrat), Amryadi (Partai Aceh).

Dapil Bireuen-II (Peusangan, Peusangan Siblah Krueng, Peusangan Selatan, Jangka) adalah Faisal Hasballah SE MSM (Gerindra), Juniadi (Golkar), Fajri Fauzan (Golkar), Zulfahmi ST MT (PKS), Murdani Banta Ali ST (PPP), Jasman SE (Demokrat), Rusyidi Mukhtar SSos (Partai Aceh), Munazir Nurdin (Partai Aceh), Salwa Hanum SPd (Partai Aceh), Aida Fitria SPd (PNA).

Dapil Bireuen-III (Gandapura,Kutablang,Makmur) yakni Iskandar Is SPd MH (Golkar), Ir M Yusuf (Nasdem), Ismail Adam (PKS), Athaillah M Saleh SpdI MA (PPP), Mudassir (Demokrat), Zulkarnaini (Partai Aceh).

Dapil Bireuen-IV (Samalanga,Simpang Mamplam,Pandrah) yaitu Syauqi Futaqi (Golkar), Isnaini (PPP), Sayuti (Demokrat), Muslem Abdullah  (PA), Jafar (PDA), Suhaimi Hamid (PNA).

Dapil Bireuen-V (Jeunieb, Peulimbang, Peudada) adalah Rosmani (Golkar), Ir Zainal Abidin (Nasdem), Suriya Yunus (PAN), Nasir (Partai Aceh), Tgk Razali Nurdin (PDA), Taufiq Ridha ST (PNA).

Dapil Bireuen-VI (Jeumpa-Juli) yaitu Teuku Muhammad Mubaraq  (Golkar), Hasanuddin (PKS), Muchlis R (PAN), Yufaidir SE (Partai Aceh), Sufyannur (Partai Aceh), Amartana Pusri (PNA).

Dari 40 nama tersebut, 22 orang merupakan incumbent dan 18 orang pendatang baru yang sama-sama terpilih pada Pileg 2019.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here