Aceh Timur Kembali Miliki SMK Negeri

0
27
Kadisdik Aceh meresmikan SMKN 1 Nurussalam Aceh Timur.

RR, IDI—Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Ir Nova iriansyah MT diwakili Kepala Dinas Pendidikan Aceh Syaridin SPd MPd, Kamis (25/07/2019), meresmikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Nurussalam yang terletak di Gampong Pulo U, Kecamatan Nurussalam, Kabupaten Aceh Timur.

Hadir pada persemian sekolah tersebut Asisten III Setdakab Aceh Timur atas nama Bupati Aceh Timur, Unsur Muspida, Muspika Nurussalam, Kepala Bidang Pembinaan SMK Teuku Miftahuddin SPd MPd, Plt Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kota Langsa Abdul Jaban SPd MPd, serta Kasi Kesiswaan dan Penilaian SMK Dinas Pendidikan Aceh Dr Asbaruddin MEng.

Kadisdik Aceh Syaridin SPd MPd saat membaca sambutan tertulis Pelaksana Tugas Gubernur Acehmenyampaikan bahwa salah satu urusan wajib yang menjadi kewenangan Pemerintahan Aceh yang merupakan pelaksanaan keistimewaan Aceh adalah penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas dan Islami dengan ai menambah dan mengintegrasikan materi Dinul Islam sesuai dengan Syariat Islam.

“Saat ini peserta didik kita terlahir di era digital dan pesatnya teknologi. Mereka lebih mudah dan cepat menyerap teknologi terbaru. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh sekolah dan para guru untuk menerapkan pendidikan berbasis teknologi dan kewirausahaan yang dapat mengantisipasi kekurangan industri disekitar kita,” ujar Syaridin.

Menurutnya, penguatan karakter akhlakul karimah anak juga ditopang dengan hadirnya Kurikulum Aceh yang khusus pendidikan SMK Aceh diberi nama Eduteknopreneur Islami yang memiliki arti bahwa pendidikan SMK Aceh berbasis teknologi dan kewirausahaan yang Islami.

“Mulai tahun ajaran 2019/2020 kita mulai serentak di seluruh Aceh. Dan pada hari ini Kurikulum Eduteknopreneur menerapkan pendekatan pembelajaran berbasis tempat kerja atau sering disebut Work Based Learning (WBL),” katanya lagi.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan prasasti dan penyerahan SK Plt Kepala SMK Negeri 1 Nurussalam serta penyerahan serifikat tanah waqaf dari salah seorang warga setempat.

Kepala SMK Negeri 1 Nurussalam Muhammad Nasir SPi menyebutkan sekolah yang dipimpinnya itu memiliki dua jurusan yaitu Jurusan Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi dan Jurusan Teknik Jaringan Tenaga Listrik.

“Saat ini kita sudah mempunyai 17 pengajar yang 60 persennya adalah Guru Kontrak Provinsi dengan jumlah siswa saat ini sebanyak 57 orang untuk kedua jurusan,” sebutnya.

Kehadiran SMK di daerah tersebut mendapat apresiasi dari masyarakat setempat. Hal ini sebagaimana disampaikan salah seorang perwakilan masyarakat, Andip Johan.

“Semoga kehadiran SMKN 1 Nurussalam mampu membawa perubahan kearah yang lebih maju dalam bidang pendidikan, khususnya di Kecamatan Nurussalam maupun Kabupaten Aceh Timur ataupun Provinsi Aceh secara umum,” katanya mengapresiasi.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here