Banyak Keuchik di Peusangan Tak Transparan Kelola Dana Desa

1
1467
Inspektur Kabupaten Bireuen, Syahabuddin.

RR, BIREUEN—Pengelolaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Gampong (ADG) di Kabupaten Bireuen, banyak yang bermasalah. Persoalan paling menonjol terjadi di gampong-gampong dalam Kecamatan Peusangan.

“Umumnya disebabkan tidak transparannya keuchik dalam mengelola dana tersebut. Banyak keuchik tidak terbuka dengan perangkat gampong dan masyarakat,” sebut Inspektur Kabupaten Bireuen, Syahabuddin kepada Rimba Raya, beberapa waktu lalu, di Pusat Kantor Pemerintahan Bireuen.

Menurutnya, selama ini permasalahan DD dan ADG banyak muncul di Kecamatan Peusangan. Bahkan masyarakat langsung  yang meminta inspektorat untuk melakukan audit.

“Setelah kita audit memang benar seperti dilaporkan oleh masyarakat. Ada temuan penyalahgunaan DD,” ungkapnya.

Terhadap temuan penyalahgunaan DD, lanjut mantan Camat Bandar Baru Aceh Utara ini, para keuchik diminta untuk memperbaiki jika terjadi kesalahan administrasi. “Sementara kalau terjadi kesalahan penggunaan dana, kita minta untuk dikembalikan,” ungkapnya.

Menurutnya lagi, terhadap sejumlah temuan, baik bersifat administratif maupun keuangan, belum ada yang diteruskan ke penegak hukum, karena masih dapat dilakukan pembinaan. Namun ada juga keuchik yang sampai saat ini belum menindak lanjuti temuan.

“Seperti dana pembelian sepeda motor keuchik, yang uangnya telah ditarik oleh keuchik tahun 2017. Tetapi sepeda motornya sampai 2019 belum dibeli,” ungkap mantan Staf Ahli Bupati Aceh Utara ini tanpa menyebutkan nama keuchik dan gampong. (Rizanur)

1 KOMENTAR

  1. Bkn di kec.peusangan aza..di kec. Kota juang khusus Gp. Gd alue perlu jg di audit di krnkan akhir masa keuchik bln juni 2019 blm ada pertanggungjawaban…ada apa ini..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here