Bireuen Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-turut 

0
51

RR, BIREUEN—Pemerintah Kabupaten Bireuen kembali berhasil meraih  Opini Wajar Tanpa Pengecualian  (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Ini diperoleh Pemkab Bireuen untuk ke-5 kali secara berturut-turut.

Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPD Pemkab Bireuen Tahun Anggaran 2018 oleh Plt Kepala Perwakilan BPK  Aceh Syafruddin Lubis SEAk CA kepada Bupati Bireuen H Saifannur SSos di Ruang Pertemuan Kantor BPK RI Perwakilan Aceh, Jumat (17/5/2019). Saifannur turut didampingi Wakil Bupati Dr Muzakkar A Gani SH MSi dan Wakil Ketua DPRK Bireuen Drs Muhammad Arif.

Bupati Saifannur melalui Kabag Humas dan Protokoler Setdakab Bireuen Farid Maulana SE MSM mengucapkan terimakasih kepada seluruh SKPK yang telah mengelola dan menyusun laporan keuangan dengan baik, sehingga Pemkab Bireuen meraih WTP untuk ke-5 kalinya.

“Pada prinsipnya kita tidak hanya mengejar opini WTP, tetapi membenahi manajemen agar lebih baik lagi. Ini penting, agar pengelolaan keuangan dan laporan keuangan lebih baik lagi demi mewujudkan pemerintahan yang bersih dan transparan. Jadi, WTP hanya sebagai pemicu,” ucapnya.

Bupati Saifannur mengharapkan jajarannya untuk taat dan patuh pada peraturan perundang-undangan sehingga tak bermasalah dengan hukum.

Dijelaskannya, ada beberapa catatan yang disampaikan BPK untuk ditindaklanjuti dan diperbaiki. “Apabila ada kerugian daerah, maka harus segera dikembalikan dalam jangka waktu 60 hari dan kita harus pada aturan,” sebut Saifannur.

Menurut bupati, dirianya akan memanggil semua dinas yang terkait untuk mengklarifikasi atas catatan yang disampaikan BPK. “Ini tidak main-main, harus secepatnya ditindaklanjuti,” katanya.

Sebelumnya, Plt Kepala Perwakilan BPK RI Perwakilan Aceh Syafruddin Lubis SE Ak usai penyerahan LHP mengatakan pemeriksaan laporan keuangan bertujuan memberikan opini tentang kewajaran penyajian laporan keuangan. Berdasarkan pemeriksaan telah dilakukan BPK atas LKPD Pemkab Bireuen Tahun 2018, ungkap dia, maka BPK memberi opini WTP. “Penilaian ini termasuk implementasi atas rencana aksi yang telah dilaksanakan Pemkab Bireuen,” sebut Syafruddin.

Pemkab Bireuen telah berhasil mempertahankan opini WTP lima kali berturut-turut sejak 2014. Prestasi ini akan jadi momentum untuk lebih mendorong terciptanya akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah. “Ini menjadi kebanggaan bersama yang patut dipertahankan setiap tahunnya,” tandas Bupati Saifannur.

Kabupaten Bireuen mualai meraih WTP pada tahun 2015 untuk laporan keuangan Tahun Anggaran 2014, . Selanjutnya berturut-turut perolehan WTP pada tahun 2016, 2017, 2018, dan 2019.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here