Dikeluhkan, Penutupan U-Turn Jalan di Pintu Keluar Terminal Bireuen

0
121

RR, BIREUEN—Para sopir bus dan minibus keluhkan penutupan u-turn jalan di depan pintu keluar Terminal Bus Bireuen. Akibat penutupan putaran jalan itu, angkutan umum tujuan Medan yang  keluar dari terminal bus harus memutar di Bundaran Simpang Empat Kota Bireuen.

Pantauan Rimbaraya, u-turn jalan di depan pintu keluar terminal tersebut ditutupi dengan dipasangi kerucut yang diikat berantai antar median jalan. “Kerucut itu dipasang untuk mengatasi kepadatan arus lebaran, tapi sampai hari ini belum dipindahkan sehingga mengganggu bus tujuan Medan yang keluar dari terminal,” kata Fauzi seorang sopir yang ditemui di Terminal Bus Bireuen, Kamis (20/6) sore.

Sopir mobil penumpang umum ini menyebutkan, dengan dipasangi kerucut sebagai median di pintu keluar terminal Bireuen, mobil tujuan arah Medan harus memutar di Bundaran Simpang Empat yang pada lalulintas. “Bagi sopir tujuan Banda Aceh tidak masalah, namun yang tujuan Medan terlalu sulit mutar di Bundaran Simpang Empat. Apalagi body bus yang panjang akan membuat macet karena tidak bisa memutar sekaligus,” papar Fauzi.

Beberapa agen bus dan minibus L-300 juga mengeluhkan kondisi tersebut. “Banyak angkutan umum enggan masuk terminal karena harus memutar jauh saat keluar terminal,” kata seorang agen minibus L-300.

Akibatnya, lanjut dia, sebagian bus dan minimus yang ke arah Timur menaik-turunkan penumpang di luar terminal. “Ini justru semakin memacetkan arus lalu lintas di Jalan Nasional Banda Aceh-Medan. Dengan demikian, pemasukan kami pun berkurang,” tandasnya.

Kadis Perhubungan Bireuen melalui Kabid Angkutan dan Terminal, Faisal ST MT mengatakan penutupan u-turn jalan di depan terminal itu dilakukan Satuan Lalulintas Polres Bireuen. “Jadi, menyangkut persoalan ini akan kami koordinasikan lagi dengan Kasat Lantas,” katanya.

Menurut dia, pihaknya sudah pernah meminta personil Lantas untuk membuka lintasan tersebut. “Karena belum dibuka, makanya kami akan menjumpai Kasat Lantas,” tandasnya.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here