Dinas Pertanahan Aceh Timur Gelar Penyuluhan tentang Pengadaan Tanah

0
68

RR, IDI—Dinas Pertanahan Kabupaten Aceh Timur menggelar penyuluhan tentang pengadaan tanah untuk pembangunan fasilitas umum. Kegiatan yang diikuti perwakilan SKPK itu digelar di aula Rumah Sakit Umum dr Zubir Mahmud, Rabu (3/7/2019).

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa tanah adalah salah satu harta yang sangat berharga, yang dalam sepanjang sejarah peradaban umat manusia tak henti-hentinya memberikan problema rumit, “ kata Plt Asisten Pemerintahan Setdakab Aceh Safrizal Fauzi dalam sambutannya.

Di Indonesia yang memiliki daratan (tanah) yang sangat luas pun, jelasnya, telah menjadikan persoalan tanah sebagai salah satu persoalan yang paling urgen di antara persoalan lain. “Pembangunan fasilitas-fasiltas umum memerlukan tanah sebagai wadahnya. Pembangunan fasilitas umum tersebut tidak menemui masalah apabila persediaan tanah masih luas. Namun yang menjadi permasalahan adalah tanah merupakan sumber daya alam yang sifatnya terbatas dan tidak pernah bertambah luasnya,” terangnya.

“Untuk itu, saya berharap dalam kegiatan ini dapat mencurahkan pikiran dan pendapat secara serius guna menghasilkan sebuah rumusan baik dan bijak untuk pembangunan Kabupaten Aceh Timur di masa mendatang,” sambung Safrizal.

Sebelumnya, Sekretaris Dinas Pertanahan Aceh Timur Drs Mukhtaruddin dalam laporannya menyampaikan, penyelenggaraan pengadaan tanah bagi pembangunan fasilitas umum harus dilaksanakan secara lintas sektoral.  “Jadi memerlukan suatu pemahaman bersama dalam mewujudkannya, baik dari segi perencanaan, persiapan sampai kepada pelaksanaannya dengan berpedoman kepada Undang-Undang Nomor 2 tahun 2012 tentang pengadaan tanah bagi pembangunan fasilitas umum,” katanya.

Dikatakannya, penyuluhan ini untuk kepentingan umum agar organisasi perangkat daerah Kabupaten Aceh Timur memahami tahapan-tahapan yang harus dilalui dalam menyelenggarakan pengadaan tanah.

Penyuluhan ini diikuti oleh 61 orang peserta dari berbagai organisasi perangkat daerah dalam Kabupaten Aceh Timur. Adapun yang menjadi narasumber yakni M Nizwar SH MH dari Dinas Pertanahan Aceh dan Heriansyah S SiT.  (Iskandar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here