Distan Bireuen Salurkan Bantuan Kapur Dolomit

0
188

RR, BIREUEN—Dinas Pertanian Kabupaten Bireuen melalui BP3K Kecamatan Peusangan, Sabtu (4/5/2019), menyalurkan kapur dolomit untuk petani di dua gampong di Kecamatan Peusangan.

Hafni SP, Kepala BP3K Kecamatan Peusangan, didampingi T Miftakhul Rizki SP, Mantri Tani setempat serta Babinsa dari Kodim 0111/Bireuen Sertu Eko dan Kopda Harefa mengatakan, jumlah kapur dolomit yang disalurkan 100 ton untuk dua gampong.

Gampong yang memperoleh bantuan tersebut adalah Cot Keuranji dan Gampong Putoh. “Masing-masing gampong dapat 50 ton kapur dolomit untuk Musim Tanam Gadu 2019. Itu bantuan yang bersumber dari APBN,” ungkap Hafni SP.

Kepala BP3K ini juga menjelaskan fungsi dan manfaat dari kapur dolomit. Menurutnya, penggunaan kapur dolomit pada lahan pertanian dapat menetralisir tingkat keasaman (pH) tanah. Karena dolomit mengandung dua unsur hara, yaitu Kalsium (Ca) dan Magnesium (Mg).

“Kedua unsur itu sangat berpengaruh pada kesuburan tanah dan bermanfaat bagi tanaman. Jika tanaman kekurangan dua hara itu berakibat buruk terhadap tanaman,” jelasnya. (Rizanur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here