Gerakkan Ekonomi Masyarakat, Ilham Akbar Galang Kekuatan Pemuda

0
117

RR, BIREUEN—Sejak tahun 2015, nama Ilham Akbar ST sudah tak asing bagi masyarakat Aceh. Awalnya ia dikenal oleh kalangan muda, selanjutnya bagi semua lapisan masyarakat.

Ilham dikenal bukan tanpa sebab. Selain sebagai Ketua Poros Muda Aceh, ia juga terlibat pada sejumlah organisasi kepemudaan dan kemahasiswaan.

Pada Pilkada Bireuen tahun 2017, Poros Muda Aceh (PMA) di bawah koordinir Ilham Akbar memiliki andil besar dalam memenangkan pasangan H Saifannur SSos – Dr H Muzakkar A Gani SH MSi sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bireuen periode 2017-2022.

Saat itu, anak muda kelahiran 7 Januari 1983 ini merangkul pemuda-pemuda di berbagai pelosok desa se-Kabupaten Bireuen untuk disatukan dalam wadah PMA yang strukturnya dibentuk sampai tingkat kecamatan dan gampong.

Awalnya, PMA lahir hanya untuk kepentingan Pilkada. Namun, pasca-Pilkada organisasi yang dibiayai secara mandiri ini pun semakin eksis melakukan kegiatan-kegiatan sosial, seperti membantu pembangunan rumah dhuafa, membantu korban bencana, dan menyalurkan bantuan lainnya.

Nah, Ilham Akbar, oleh teman-temannya biasa disapa Waklek ini, terus memberdayakan para pemuda yang bernaung di bawah PMA. Antara lain difasilitasi untuk mendapatkan peluang kerja di berbagai sektor.

Pada Pemilu Legislatif 2019, Ilham didorong oleh teman-temannya untuk maju sebagai Caleg. Karena  dorongan dan dukungan keluarga besarnya, Alumnus Fakultas Teknik Universitas Almuslim ini memutuskan mencalonkan diri sebagai anggota DPR Aceh melalui Partai Golongan Karya (Golkar).

“Teman-teman di Poros Muda meminta saya untuk maju sebagai Caleg DPRA. Makanya saya memutuskan untuk maju pada Pileg 2019 melalui Partai Golkar,” kata Ilham Akbar kepada Rimba Raya, Minggu (7/4/2019).

Ilham Akbar ST yang diusung Partai Golkar sebagai Caleg DPRA Daerah Pemilihan Aceh 3 (Kabupaten Bireuen) mendapatkan nomor urut 4. Jika ia terpilih, telah menyiapkan sederet program ke Parlemen Aceh.

Menurut Ketua Ikatan Alumni STM/SMK Negeri 1 Bireuen ini, saat ini lapangan kerja menjadi persoalan besar di Aceh. “Lapangan kerja itu bukan saja kerja kantoran. Meskipun harapan banyak orang untuk menjadi pegawai, namun itu tidak mungkin, mengingat peluang bekerja sebagai pegawai pemerintah terbatas. Apalagi angka lulusan pendidikan dengan ketersediaan lapangan kerja tidak sebanding,” urainya.

Sekretaris Umum HIPMI Kabupaten Bireuen ini menambahkan, agar masyarakat mampu menciptakan lapangan kerja sendiri, pemerintah tidak terkecuali legislatif harus mengambil peran, mengurangi angka pengangguran.

Jika pengangguran meningkat dari tahun ke tahun, lanjutnya, hal itu merupakan kegagalan pemerintah menciptakan lapangan kerja. “Dengan meningkatnya angka pengangguran, secara otomatis angka kemiskinan juga meningkat,” imbuhnya.

Programnya, jika nanti terpilih sebagai anggota dewan, Ilham akan memperjuangkan kepada Pemerintah Aceh untuk menciptakan lapangan kerja baru di Kabupaten Bireuen. “Kalau banyak pengangguran, juga berdampak terjadinya bermacam tindakan kejahatan, seperti peredaran narkoba, judi, pencurian dan aksi kekerasan,” timpal putra pasangan Abduk Gani (Alm) dan Nur Asma SPd ini.

Pemuda, tukas Ilham lagi, adalah aset bangsa yang harus diselamatkan. Dan programnya merangkul pemuda selama ini untuk diberdayakan secara ekonomi, bukan dimanfaatkan demi kepentingan politik sesaat.

Selain program menciptakan lapangan kerja, suami Reni Tania ini juga siap berjuang untuk kesejahteraan petani, melalui penyediaan infrastruktur dan sarana memadai. “Kemudian bidang pendidikan dan sosial akan menjadi perhatian serius saya nanti,” pungkasnya.

PROFIL ILHAM AKBAR

Nama: Ilham Akbar ST

Lahir: 7 Januari 1983

Agama: Islam

Pekerjaan: Wiraswasta

Istri: Reni Tania AMd

Anak: Atthariq Akbar

Alamat : Desa Pulo Ara Geudong Teungoh, Kecamatan Kota Juang, Bireuen

Orang tua: Abdul Gani (Almarhum) dan Nur Asma SPd

Riwayat Pendidikan:

SD Negeri 2 Bireuen

SMP Negeri 1 Bireuen

STM/SMK Negeri 1 Bireuen

Fakultas Tekhnik Universitas Almuslim

Pengalaman Organisasi:

Ketua Umum Poros Muda Aceh

Ketua Ikatan Alumni STM/SMK Negeri 1 Bireuen

Sekretaris Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Bireuen

Pengurus KNPI Kabupaten Bireuen

Pengurus Dewan Kesenian Aceh (DKA) Kabupaten Bireuen

Pengurus Dekranasda Kabupaten Bireuen

Pengurus DPD II Partai Golkar Kabupaten Bireuen.[***]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here