Ini Tanggapan Direktur RSUD Fauziah Bireuen Terkait Rekomendasi Penyesuaian Kelas

0
635
Direktur RSUD dr Fauziah Bireuen dr Mukhtar MARS didampingi Wadir Bidang Pelayanan Medis dan Penunjang, dr Minar Mushari SpS.

RR, BIREUEN—Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Fauziah Bireuen direkomendasikan penyesuaian kelas dari Kelas B ke C oleh Kementerian Kesehatan RI bersamaan dengan 614 rumah sakit lain seluruh Indonesia, atau 28 lainnya di Provinsi Aceh.

Menyangkut rekomendasi penyesuaian kelas rumah sakit oleh Kemenkes RI setelah review yang dilakukan oleh Dirjen Pelayanan Kesehatan, manajemen RSUD dr Fauziah Bireuen akan menyampaikan keberatan atau sanggahan.

“Akan kami sampaikan keberatan segera terkait rekomendasi tersebut. Dan kami sudah komunikasi langsung ke kementerian (Kemenkes),” ungkap Direktur RSUD dr Fauziah Bireuen dr Mukhtar MARS didampingi Wadir Bidang Pelayanan Medis dan Penunjang, dr Minar Mushari SpS, Kamis (18/7/2019) sore, di Meuligoe Bireuen usai bertemu dengan Bupati H Saifannur.

Menurutnya, alasan RSUD dr Fauziah Bireuen direkomendasikan penyesuaian kelas, karena ada syarat standar klasifikasi belum terpenuhi, yaitu menyangkut Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kalau pelayanan, peralatan dan bangunan, kita tidak bermasalah. Ini hanya menyangkut dengan SDM, seperti belum adanya dokter subspesialis bedah, dokter jantung anak, bedah saraf,” jelasnya.

Direktur dan Wadir mengatakan akan berjuang memenuhi SDM sebagaimana disyaratkan, agar dapat mempertahankan status Kelas B. “Dan kami sudah melaporkan kepada Bapak Bupati masalah ini. Beliau sudah memberi petunjuk untuk segera mengatasinya,” pungkasnya.

Perlu diketahui, RSUD dr Fauziah Bireuen ditetapkan sebagai Rumah Sakit Umum Kelas B dengan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.02.03/l/2402/2014 tahun 2014.

Kemudian Izin operasional ditetapkan dalam Keputusan Gubernur Aceh nomor 445.1/BP2T/2836/2014. (Rizanur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here