LKS SMK di Bireuen akan Dibuka Plt Gubernur Aceh

0
37
M Yususf, Kepala SMK Bireuen.

RR, BIREUEN—Plt Gubernur Aceh Ir Nova Iriansyah dijadwalkan membuka acara Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK ke XXVIII Tingkat Provinsi Aceh yang berlangsung di Bireuen pada Sabtu (7/9/2019) malam.

Hal itu disampaikan Ketua MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SMK Kabupaten Bireuen, Muhammad Yusuf kepada RimbaRaya, Jumat (6/9/2019).

“Kepastian Plt Gubernur hadir membuka acara LKS SMK tahun 2019 sudah 95 persen. Dan sudah kita komunikasikan semuanya mengenai acara pembukaan besok malam,” ungkap Muhammad Yusuf yang ditunjuk sebagai panitia lokal.

Menurutnya, untuk seremonial pembukaan LKS SMK ke XXVIII telah dipersiapkan di halaman Meuligoe Bireuen. Demikian dengan hal teknis lainnya sudah disiapkan oleh pihak panitia.

Selain LKS, turut digelar expo atau pameran hasil produk sekolah dan mitra SMK di halaman Meuligoe mulai Sabtu, 7-12 September 2019.

Untuk tempat pelaksanaan LKS, lanjut Muhammad Yusuf, tersebar di beberapa lokasi, di SMKN 1 Simpang Mamplam, SMKN 1 Bireuen, SMKN 1 Peusangan, SMKN 2 Peusangan, SMKPP Negeri Bireuen dan SMKN 1 Gandapura.

“Pusat kegiatan perlombaan di SMKN 1 Bireuen. Stand pameran di Meuligoe. Sebagian perlombaan dilaksanakan di Lhokseumawe karena di Bireuen ada fasilitas atau sarana untuk perlombaan belum tersedia,” jelas Kepala SMKN 1 Bireuen ini.

Menurutnya lagi, jumlah peserta LKS dan guru pendamping atau pembimbing sekitar 900 orang. Peserta nantinya akan menginap di hotel-hotel yang ada di Kabupaten Bireuen dan Kota Lhokseumawe.

M Yusuf menambahkan, untuk kegiatan perlombaan, sesuai kompetensi keahlian di SMK, seperti bidang tekhnologi dan rekayasa, bisnis dan manajemen, pariwisata, agribisnis, IT dan multimedia, dan kriya. “Dari jumlah bidang tersebut dibagi lagi menjadi 39 jenis perlombaan kompetensi keahlian,” paparnya.

Untuk juri perlombaan, imbuhnya, dihadirkan juri nasional. Sedangkan juri lokal dari dunia usaha yang ada di Aceh. “Bagi yang mendapat juara LKS tingkat provinsi nantinya akan mengikuti event ke tingkat nasional,” ujar Muhammad Yusuf.

Diinformasikan juga oleh Kepala SMKN 1 Bireuen ini, Dinas Pendidikan Provinsi Aceh juga akan menggelar Seminar Hardikda pada hari Minggu (8/9/2019) di Aula Setdakab Bireuen, Jalan Laksamana Malahayati, Kota Juang, Bireuen.

“Pesertanya ada sekitar 300 orang dari kalangan kepala sekolah, guru, akademisi, dan masyarakat pemerhati pendidikan,” pungkasnya. (Rizanur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here