Pasar Tua Akan ‘Disulap’ Jadi Idi Town Square

0
92
Di lokasi ini akan dibangun Idi Town Square.

RR, IDI—Bupati Aceh Timur H Hasballah HM Thaib SH didampingi sejumlah kepala SKPK terkait meninjau pasar tua di Kota Idi, Kecamatan Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur,  Senin (24 Juni 2019).

Hadir mendampingi antara lain Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Aceh Timur Ir Mahyuddin, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Aceh Timur Iskandar SH, Kepala Satpol-PP&WH Aceh Timur T Amran SE MM  Plt Kepala Badan Keuangan Kekayaan Daerah (BKKD) Aceh Timur Zulfikar SE, dan Camat Idi Rayeuk Iswandi SSos.

Selain melihat kondisi pasar sayur dan pasar kelontong, Bupati Aceh Timur juga mengingatkan kembali pedagang di sana untuk mengosongkan kios dan toko tak layak huni tersebut sesuai dengan imbauan sebelumnya. “Kondisi pasar tua ini sama sekali tidak layak huni, bahkan terkesan kumuh, karena sebagian sudah tidak dihuni lagi,” kata bupati yang akrab disapa Rocky ini.

Di sisi lain, lanjut bupati, bangunan yang usianya di atas 30 tahun tersebut juga berpotensi rubuh dan menjadi ancaman keselamatan terhadap pedagang serta pengunjung pasar. Bahkan hak pakai sebagian bangunan yang belum dirubuhkan tersebut juga telah melewati batas 7 tahun yang silam.

“Pemerintah telah mengingatkan berulangkali agar bangunan ini segera dikosongkan dan pindah ke lokasi yang telah disiapkan, baik pedagang sayur atau pedagang lainnya, karena kondisi bangunan sudah sangat mengancam keselamatan pengunjung pasar,” ujarnya.

Ditambahkannya, setelah dirubuhkan nantinya pemerintah akan membangun kembali bangunan berlantai tiga untuk pedagang setempat. “Bangunan berlantai tiga yang akan kita bangun tahun ini juga kita berikan untuk pedagang, namun modelnya sejenis mall mini yang diberi nama Idi Town Square,” ujarnya.

Usai meninjau pasar, orang nomor satu di Aceh Timur juga melihat sejumlah parit jalan yang sumbat dengan sampah toko. Selain mengingatkan pedagang membuang sampah di tempat yang telah disediakan, pemilik toko juga diingatkan agar menjaga kebersihan, sehingga Kota Idi benar-benar terlihat bersih dan tertib.

“Mari kita sama-sama menjaga kebersihan kota, sehingga Ibukota Aceh Timur ini nyaman dikunjungi dan tidak semrawut,” tandasnya. (Iskandar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here