Soal Dugaan Pungli Dana BOS, Kakankemenag Bireuen: Itu Tanpa Sepengetahuan Saya

0
380

RR, BIREUEN—Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bireuen Drs Zulkifli Idris MPd menyatakan pihaknya tidak pernah memerintahkan pengutipan macam-macam dari kepala sekolah. Namun, secara implisit ia mengakui telah terjadi pungutan liar (Pungli) dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada madrasah jajaran Kemenag Bireuen.

“Kalau hal-hal yang dibenarkan juknis, seperti untuk kegiatan KSM, itu memang dibolehkan. Bahkan kita arahkan kepala sekolahnya untuk hal-hal yang dibenarkan secara aturan,” kata Zulkifli yang didampingi Kasubbag TU Drs H Mukhlis dan Kasi Penmad Azhari kepada RimbaRaya, Selasa (25/6).

Kemudian, Zulkifli juga memaparkan bahwa saat ini sedang berlangsung Kegiatan Sains Madrasah (KSM). Dia sangat mengharapkan madrasah di jajarannya sukses melaksakan kegiatan tersebut, termasuk mendapatkan prestasi sampai tingkat nasional.

Ketika diarahkan kembali pada subtansi persoalan, yaitu Pungli dana BOS jajaran Kemenag Bireuen, Zulkifli mengaku bahwa ada kebutuhan di luar ketentuan Juknis BOS yang tidak ada sumber lain. “Hal yang untuk seperti itu, kan harus kita tanggulangi juga,” kilahnya.

Zulkifli Idris yang sebelumnya selama 8 tahun menjabat Kakankemenag Aceh Utara mengaku heran dengan sikap sebagian masyarakat Kabupaten Bireuen yang kerap melontarkan isu tidak jelas asal usulnya, seperti dugaan pungli dana BOS. “Ini mungkin karena baru-baru ini saya menggelar mutasi. Jadi mungkin ada yang marah sama saya, sehingga semuanya dibongkar,” pungkasnya.

Di akhir wawancara dengan RimbaRaya, Zulkifli juga mencoba menyuap wartawan dengan menyerahkan segumpal uang pecahan Rp50 ribu yang tujuannya agar kasus pungli tersebut tidak diberitakan. Uang yang hendak diberikan ke wartawan itu diambilnya dari dalam tas di meja kerja. Namun, RimbaRaya menolak pemberian yang tidak lazim tersebut.

Pantauan RimbaRaya sampai saat ini, indikasi pungli dana BOS pada madrasah jajaran Kemenag Bireuen masih berlangsung. Bahkan, diperoleh informasi dari sumber RimbaRaya, bahwa pada Selasa (25/6) masih ada kepala MI yang menyetorkan uang pungli tersebut kepada Ketua K3M MI Kabupaten Bireuen.[]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here