Teuku Muhammad Mubaraq, Mewujudkan Hak-hak Rakyat dengan Iklhas

0
149

RR, BIREUEN—Selalu ada bersama rakyat adalah ciri khas keseharian anggota DPRK Bireuen dari Fraksi Golkar ini. Karena itu, tanpa hingar bingar iklan dan pencitraan, Teuku Muhammad Mubaraq berhasil membangun jejaring dan basis massa sangat kuat di akar rumput, mulai petani hingga kaum nelayan.

Bertekat membuat perubahan bagi kemujuan daerahnya, Teuku Muhammad Mubaraq memilih terjun ke ranah politik praktis. Karena itu, ia pun maju sebagai Caleg DPRK Bireuen pada Pemilu 2014 lalu. “Alhamdulillah, kala itu saya dipercaya oleh rakyat sebagai wakil mereka di parlemen,” sebut pria yang akrab disapa Dek Bar ini di sela-sela menerima sejumlah warga di kediamannya, belum lama ini.

Selama menjabat anggota DPRK Bireuen, politikus kelahiran 12 November 1983 ini memang terkenal getol menyuarakan aspirasi masyarakat Kecamatan Jeumpa dan Juli, daerah yang diwakilinya. Terlebih, ia memang dipercaya menduduki sejumlah jabatan di Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

Jabatan yang pernah diembannya di DPRK Bireuen, antara lain sebagai Ketua Komisi B, Wakil Ketua Komisi A, Wakil Ketua Banleg. Selain itu, alumni Universitas Sain Malaysia (USM) Pulau Pinang ini juga masuk dalam Anggota Badan Anggaran (Banggar) dan Badan Musyawarah (Banmus) selama 4 tahun berturut-turut.

Selama itu pula, realisasi program pembangunan di berbagai sektor berhasil dihadirkannya ke desa-desa di Kecamatan Jeumpa dan Juli. Mulai pembangunan bidang keagamaan, pertanian, hingga sederet infrastruktur fasilitas publik lainnya.

Semua itu diperjuangkan Dek Bar dengan penuh keikhlasan. Karena, bagi pria bergelar BSc Political Sains ini, kenikmatan yang sesungguhnya adalah di saat dirinya mampu berbuat yang terbaik bagi masyarakat yang diwakilinya. “Kenikmatan bagi seorang politisikus atau anggota legislatif adalah saat kita mampu memperjuangkan hak-hak masyarakat, mendengar, menyerap, dan bertindak mewujudkannya dengan ketulusan hati,” ungkapnya.

Lalu apa saja kiprah Putra dari Teuku Burhanuddin Taher atau biasa disapa Tubur ini selama menjadi anggota dewan? Banyak program kegiatan yang menyentuh langsung kepentingan masyarakat telah diwujudkannya.

BIDANG KEAGAMAAN

  1. Penyaluran 1 set sound system kengkap untuk Mesjid Ridha Kecamatan Jeumpa pada tahun 2017.
  2. Pembangunan MCK Plus di 3 titik di Dayah Blang Cot Tunong, Cot Tarom Tunong dan Blang Cot Baroh dengan anggaran Rp266 juta dari APBK.
  3. Pembangunan pagar masjid di Gampong Cot Mesjid dengan anggaran APBK Rp350 juta.
  4. Pembangunan pagar Mesjid Krueng Simpoe Kecamatan Juli Rp140 juta.
  5. Pembangunan pagar Dayah Batee Timoeh, Kecamatan Jeumpa Rp50 juta.
  6. Penyerahan 1 set lengkap Sound Sistem untuk Dayah Asjadi Gampong Geulumpang Payong Kecamatan Jeumpa.
  7. Pembagian Sajadah Bentang untuk 35 desa pada tahun 2016 di Kecamatan Juli dan Jeumpa.
  8. Pembangunan 1 unit Balai Pengajian di Meunasah Cot Tarom Tunong Kecamatan Jeumpa.

BIDANG PERTANIAN

  1. Normalisasi saluran pembuang Blang Cot Ketapang dan Seulembah Kecamatan Jeumpa.
  2. Pembangunan saluran pembawa air 5 desa di Gampong Cot Ulim, Cot Tarom Tunong, Cot Tarom Baroh dan Cot Ketapang Kecamatan Jeumpa.
  3. Memperjuangkan Anggaran Hasil Musrenbang Kecamatan Jeumpa untuk Normalisasi Waduk Paya Jagat Rp1,5 miliar.
  4. Ikut memperjuangkan saluran pembuang Blang Blah Bladeh, Cot Gadong pada tahun 2018
  5. Penyaluran benih jagung, penyaluran sapi hasil IB, menyaluran hand traktor 5 unit dalam Kecamatan Jeumpa dan Juli pada tahun 2017 dan 2018.

INFRASTRUKTUR

  1. Membangun 17 unit rumah rehab di Gampong Cot Tarom Tunong, Cot Tarom Baroh, Cot Leusong dan Suka Tani di Kecamatan Jeumpa dan Juli.
  2. Memperjuangkan aspirasi masyarakat di Kecamatan Jeumpa yaitu pembangunan ruas jalan Cot Tarom Tunong, Cot Tarom Baroh, Lipah Cut dan Beurawang dengan sumber anggaran DAK 2015 s/d 2017 lebih kurang Rp6 miliar.
  3. Pembangunan jembatan untuk akses lintas para petani di dua desa, Lipah Cut dan Beurawang.
  4. Pembangunan akses jalan hot mix di Gampong Batee Timoeh Kecamatan Jeumpa dengan anggaran Rp1,2 miliar dari APBK 2019.
  5. Pembangunan rumah layak huni 9 unit di Kecamatan Jeumpa dan Juli.

PERKEBUNAN RAKYAT

  1. Memperjuangkan aspirasi para petani kebun jagung dengan membangun akses jalan terobosan di Gampong Pante Peusangan, Krueng Simpoe, Alue Rambong, Ranto Panyang, Paya Rue, Simpang Jaya, Paloh Panyang, Paloh Seulimeng dalam Kecamatan Juli dan Jeumpa.
  2. Pembangunan jalan rabat beton bagi kemudahan akses para petani perkebunan rakyat di Alue Thoe KM 24 Krueng Simpo, Kecamatan Juli.

PENDIDIKAN UMUM

  1. Pembangunan pagar sekolah PAUD di Gampong Geulumpang Payong Kecamatan Jeumpa.
  2. Telah bersama-sama memperjuangkan lahirnya pagar SD Negeri 9 Simpang Jaya Kecamatan Juli pada tahun 2018.

Atas kiprahnya yang berhasil mewujudkan berbagai kepentingan rakyat tersebut, kali ini Teuku Muhammad Mubaraq kembali didorong untuk mencalonkan diri pada Pemilu 2019. Menyahuti harapan tersebut, ia pun maju lagi sebagai Caleg Golkar untuk DPRK Bireuen Dapil VI (Kecaman Jeumpa dan Juli).

“Semoga mendapat kepercayaan kembali dari rakyat, sehingga bisa bersama-sama melanjutkan perjuangan membangun daerah yang bermuara pada kesejahteraan seluruh masyarakat Kecamatan Jeumpa dan Juli,” harapnya.[***]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here