Umuslim Kembali Kirim Dua Mahasiswa ke Jepang

0
17
Dua mahasiswa Umuslim dilepas keberangkatannya untuk kuliah di Jepang.

RR, BIREUEN—Dua mahasiswa Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan, Bireuen, Akhsani Taqwim dan Nafsul Muthmainnah akan berangkat ke Jepang untuk kuliah di Nagoya Gakuin University (NGU).

Kedua mahasiswi itu akan mengikuti program pertukaran pelajar (Student Exchange) selama dua semester atau satu tahun di NGU Jepang. “Keduanya akan terbang ke negara matahari terbit Jepang pada Minggu (8/9/2019) via Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar,” kata Kabag Humas dan Kemahasiswaan Umuslim, Zulkifli MKom kepada RimbaRaya, Sabtu (7/9/2019).

Terjalinnya program ini, kata Zulkifli, setelah beberapa tahun lalu Rektor Umuslim Dr H Amiruddin Idris SE MSi menandatangani perjanjian kerjasama dengan NGU Jepang.

Selama ini, Akhsani Taqwim (19), mahasiswa asal Matang Nibong, Kecamatan Jeunieb, Bireuen, kuliah di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) program studi Hubungan Internasional.

Sementara Nafsul Muthmainnah (20), gadis asal Pante Peusangan, Kecamatan Jangka, Bireuen, merupakan mahasiswi FKIP prodi Bahasa Inggris. “Ini angkatan ketiga program student exchange antara Umuslim dengan NGU Jepang,” jelasnya.

Acara pelepasan keberangkatan mahasiswa Umuslim ke negeri Sakura tersebut berlangsung di ruang rapat Ampon Chiek Peusangan oleh Wakil Rektor I, Dr H Hambali SE MPd, Jumat (6/9/2019).

Kepada kedua mahasiswa yang akan berangkat tersebut, Dr Hambali berpesan untuk selalu menjaga nama baik pribadi, keluarga, kampus, daerah dan Negar Kesatuan Republik Indonesia. “Anda yang akan berangkat kuliah di Jepang sudah membawa nama negara. Untuk itu, jaga nama baik negara kita,” pinta Hambali.

Selanjutnya, Wakil Rektor ini juga mengingatkan dua duta Umuslim yang akan mengikuti pendidikan setara (S1) di NGU agar lebih memaksimalkan memanfaatkan peluang belajar di sana. “Pelajari sistem pendidikan mereka di sana. Sehingga nantinya bisa berbagi pengalaman dengan kawan yang tetap belajar di sini,” ujar Hambali.

Acara pelepasan dihadiri Direktur Hubungan Internasional Umuslim Drs. Nurdin Abdulrahman MSi, Wakil Rektor, Dekan, juga orang tua dari kedua mahasiswa.

Terakhir juga diinformasikan, bahwa pada Oktober 2019 mendatang, akan kembali hadir mahasiswa dari NGU Jepang untuk mengikuti kuliah di Umuslim dalam program yang sama. (Rizanur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here